Portal Berita Buku Digital

5 Langkah Pemula Menulis Novel

Author : seha buddin , 2/05/2013

Bagaimana cara pemula menulis buku novel, sehingga mendapatkan tempat yang layak seperti layaknya penulis profesional? Tidak banyak pemula bisa seperti itu, tanpa memiliki tips luar biasa yang memberikan semangat untuk terus menulis.

Ada empat langkah cara menulis buku bagi pemula yang ingin serius menjadi seorang calon penulis hebat. Semoga 4 langkah benar-benar bisa menghibur dan memberikan ruh baru dan memperkuat hasrat sahabat dalam menulis.

Cara pertama # Membeli Notebook

Lho, kok belum apa-apa sudah harus membeli sesuatu? Eit tenang dulu. Ini penting, jika menulis sudah mempribadi sehingga mendorong sahabat untuk terus menulis. Mungkin sahabat ingin selalu mengetik langsung didepan komputer. Namun, bagaimana jadinya jika terjadi inspirasi menulis mandeg. Makanya notebook sangat diperlukan.

Kalau pun tidak, sebaiknya memiliki pensil dan kertas di mana pun Anda berada. Selain itu, banyak penulis yang terkadang pikiran mereka terkoneksi langsung melalui pena diatas kertas.

Cara kedua # Mulai berpikir.

Setelah sahabat memiliki notebook, saatnya untuk memulai momok paling menakutkan bagi semua penulis. Bagaimana mulai menulis dihalaman pertama yang masih kosong. Gunakan halaman-halaman pertama untuk menciptakan gambaran cerita sahabat, termasuk garis besar, catatan tentang karakter (kemungkinan nama, deskripsi, cerita, dan lain-lain) tempat, dan termasuk hal-hal kecil yang masuk kedalam cerita yang lebih besar. 

Ada beberapa keuntungan dengan membuat gambaran cerita yang akan ditulis. Ini akan memberi ide-ide baru untuk sebuah cerita sebagaimana yang sudah sahabat rencanakan.  Dengan begitu, sahabat akan memiliki sesuatu ketika sedang kehabisan ide.

Cara ketiga # buatlah tulisan garis besar.

Buat garis besar tulisan. Hal ini akan membantu menentukan arah awal narasi, pengembangan plot dan karakter, pengaturan dari semua peristiwa yang mengarah ke konflik besar atau klimaks, kemudian resolusi dan berakhir.

Awal cerita mungkin merupakan bagian tersulit. Hal terbaik untuk mengatasinya, dengan memulai ide seluas mungkin. Katakanlah, sahabat ingin menulis sebuah novel misteri, dan Anda seorang penggemar dari Perang Dunia II. 

Tuliskan saja misalnya, fokus terhadap.sesuatu yang misterius terjadi selama Perang Dunia II. Cobalah untuk fokus sedikit lebih. Apakah itu pribadi atau secara umum? Dalam perang ke II misalkan dengan menceritakan cerita pribadi kehidupan seorang tentara.

Kapan itu terjadi? Perang Dunia II adalah jelas,  jika seorang tentara Perang Dunia II yang melakukan ini atau itu. Ini adalah salah satu poin keputusan yang harus Anda ambil dengan segera.

Kembangkan karakter sahabat dengan jelas. Dalam hal ini, sahabat telah menciptakan dua karakter-pria muda dan kakeknya. Sahabat dapat menentukan karakteristik dari kedua hanya dengan pengaturan dan memperluas karakter Anda dalam proses. Kakek kemungkinan akan telah menikah, sehingga akan ada seorang nenek dalam gambar. 

Ada generasi antara kakek dan pemuda, sehingga akan menjadi orang tua yang juga putra kakek. Lihat betapa mudahnya itu?

Cara keempat # Melakukan pengeditan naskah

Mengedit tulisan. Jika sahabat menemukan plot tulisan kemana-mana, dan tidak ada yang dapat  dilakukan selain melakukan editing terhadap tulisan. Cerita sahabat tidak diharuskan untuk melakukan apa pun yang sahabat anggap sebagai garis besar tulisan.

Kadang-kadang, dalam sebuah cerita memiliki ide menulis yang lain. Di manapun sahabat berada dalam proses, mesti mengisyaratkan untuk melakukan itu.

Cara kelima # Istirahatlah yang cukup.

Menulis membutuhkan energi yang sangat besar. Sebisa mungkin memiliki asupan yang cukup. Jangan biarkan perut lapar. Kalau saya misalkan, secangkir kopi dan beberapa batang rokok, bisa menjadi teman setia untuk menulis beberapa bahkan ratusan word. Silahkan sahabat tafsirkan sendiri!***


seha buddin
5 Langkah Pemula Menulis Novel ditulis oleh: seha buddin dipublikasikan pada tanggal 2/05/2013. Kategori artikel menulis buku 9 komentar
9 komentar Add a comment
dudunk alfa
aq kadang2, suka dapet ide pas lg gak megang kertas n pulpen, kalo dah di depan komputer, aq malah ngeblank...tiapada di tengah cerita gbisa bikin endingnya
Reply Delete
Anonymous
Anonymous 18/7/13 09:35
This comment has been removed by a blog administrator.
Delete
tiket
pengen bgt dech nulis novel, bsa di coba ne langkah-langkahnya...
:)
Reply Delete
Portal Berita Buku Indonesia
This comment has been removed by a blog administrator.
Delete
suzan reyhan
Ingin membuat novel namun sulit menunangkan deretan kata kedalam kertas :(
Reply Delete
Ermansyah Erman
aku punya cerita semua. semua aku sudah susun. tapi bagaimana cara menerbitkan buku ya
Reply Delete
seha buddin
terima kasih mas Erman.
Saya sudah menyiapkan berbagai tips dan cara menerbitkan buku. Silahkan klik link ini. http://sehabooks.blogspot.com/search/label/menerbitkan%20buku
Reply Delete
Ahmad Saadillah
Saya suka menulis novel ...

follow blog saya ya

http://infoejaman.blogspot.com/
seha buddin
Terima kasih atas atensi dan komentarnya ahmad. Siap follow
Reply Delete
Cancel Reply
GetID
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger